Tips Hidup Hemat Anak Kost yang Sejahtera

Tips Hidup Hemat Anak Kost yang Sejahtera sehingga perjalanan kuliah juga menyenangkan. Sebagai anak kos masalah utama yang sering menghampiri adalah uang saku menipis di akhir bulan. Sehingga beberapa di antaranya malah membuat mereka sering sakit karena kurang makan makanan bergizi. Agar tetap sejahtera dan sehat, Anda bisa cek tips hidup hemat anak kost berikut ini.

8 Tips Hidup Hemat Anak Kost

Meski memiliki kehidupan yang lebih bebas dari jangkauan orang tua, tetapi anak kos harus pandai mengatur keuangan agar tidak sekarat di akhir bulan. Di bawah ini beberapa tips hidup hemat anak kost yang bisa Anda tiru.

cara ank kost hidup hemat dengan baik

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Yang pertama tentu saja wajib membuat tabel pengeluaran anak kos. Karena kalau tidak melakukan pencatatan, Anda tidak akan tahu uang saku dari orang tua mengalir ke mana saja. Padahal sangat perlu loh melakukan evaluasi di akhir bulan agar bisa menghemat pengeluaran di bulan berikutnya. Menabung bisa jadi solusi juga.

Memasak Sendiri

Cara hidup hemat selanjutnya adalah dengan memasak makanan sendiri. Anda cukup membuat masakan simple dan murah seperti tempe dan tahu goreng serta sayur bening.

Menyediakan Makanan Cepat Saji

Alokasikan juga dana Anda untuk membeli makanan cepat saji dan memiliki jangka waktu simpan yang tahan lama. Contohnya saja seperti sosis, nugget, dan frozen food lainnya. Meski makanan cepat saji, setidaknya di akhir bulan Anda tetap memiliki asupan makanan bergizi.

Mencuci Baju Sendiri

Usahakan untuk cuci baju sendiri ya. Karena untuk laundry biasanya cukup mahal. Sekitar 5.000 sampai dengan 6.000 rupiah per kilonya.

Biasakan Diri Untuk Tetap Menabung

Meski uang saku yang diberikan tidak terlalu banyak, usahakan menabung di awal. Misalnya saja 10.000 rupiah di awal bulan. Sehingga apabila Anda butuh dana darurat, masih tersedia.

Bawa Bekal dan Minum Sendiri

Usahakan ketika di kampus maupun acara-acara di luar kampus tetap membawa bekal dan minuman sendiri. Selain lebih sehat, Anda juga menjadi lebih hemat pengeluarannya. Oh iya, usahakan untuk sering-sering minum air mineral ya agar kondisi tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Membawa Uang Pas

Sebelum pergi, usahakan untuk mencatat rencana pengeluaran dan membawa uang pas ya. Sehingga Anda tidak harus mengeluarkan uang lebih apabila harganya kurang dari nominal yang dibawa.

Berburu Diskon

Ingin membeli peralatan yang Anda suka? Anda bisa berburu diskon. Di beberapa marketplace biasanya menyediakan diskon di tanggal-tanggal cantik. Contohnya seperti tanggal 2-02-22 atau tanggal 3-13-22. Jadi, Anda tetapi bisa berhemat ya.

***

Dari 8 tips hidup hemat anak kost di atas, kira-kira mana nih yang sudah Anda lakukan?

Tinggalkan komentar