Tips Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Tips Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini untuk kebutuhan masa depan. Salah satu tugas orang tua adalah mengajari hal-hal baik pada anak, tak lain agar mereka bisa hidup mandiri meski tidak ada orang tua di sampingnya. Nah, simak tips ajarkan anak menabung lewat cara-cara seru berikut.

Bagaimana pun memiliki kemampuan mengelola keuangan akan sangat berguna untuk kehidupan anak ketika dewasa nanti. Tanamkan sejak dini agar si kecil terbiasa memiliki gaya hidup hemat.

Tips Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Ada banyak hal-hal baik yang bisa diajarkan orang tua sebagai bekal untuk si kecil, salah satunya mengajari mereka untuk mengelola uang dengan bijak. Tak usah bingung, gunakan cara ajarkan anak menabung sejak dini di bawah ini.

cara ajari anak menabung dengan benar

Kenalkan Konsep Menabung

Hal pertama, kenalkan pada anak konsep menabung, alasan mengapa mereka harus menabung dan tidak membelanjakan uang secara berlebihan. Gunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak. Anda juga bisa menggunakan contoh kasus yang dekat dengan keseharian anak, misalnya akibat yang akan muncul jika terlalu banyak jajan.

Gunakan Celengan

Di pasaran ada berbagai bentuk celengan lucu yang bisa Anda gunakan sebagai cara ajarkan anak menabung sejak dini. Saat anak menerima sejumlah uang, misalnya ketika hari raya tiba, ajari mereka langsung memisahkan uang yang dimiliki. Hal ini juga berlaku saat mereka menerima uang saku. Biasakan untuk tidak menggunakan semua uang yang dimiliki dan segera taruh ke dalam celengan, jatah uang untuk ditabung.

Tidak Langsung Memberi Apa yang Diminta Anak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap anak kecil begitu mudah tergoda dengan apa yang mereka lihat. Daripada langsung memberikan apa yang anak minta alangkah lebih baik jika Anda memberi penjelasan padanya. Biasakan untuk tidak langsung memberi apa yang diminta anak seketika saat itu juga karena hal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Meski memberi penjelasan untuk menunda membeli sesuatu yang diminta anak terasa melelahkan, namun hal ini akan melatih kendali anak akan uang.

***

Itulah beberapa tips ajarkan anak menabung yang bisa Anda coba. Saat melatih anak melakukan kebiasaan baik, Anda akan dihadapkan dengan berbagai proses yang tidak mudah dan melelahkan. Namun ingat, akan ada banyak manfaat mengajarkan anak menabung salah satunya pasti pandai mengatur keuangan sejak dini.

Tinggalkan komentar