Begini Cara Mengatur Uang yang Bisa Anda Lakukan

Begini Cara Mengatur Uang yang Bisa Anda Lakukan – Setiap orang harus mengetahui cara mengatur uang yang baik agar kebutuhannya bisa terpenuhi. Namun tak sedikit orang yang kesulitan mengatur keuangan sehingga hidupnya merasa kekurangan dan banyak mengutang. Meskipun Anda memiliki gaji yang pas-pasan namun dengan manajemen keuangan yang baik dan menghemat, maka kebutuhan akan terpenuhi dan terhindar dari hutang berlebihan.

Cara Mengatur Keuangan

Bagi Anda yang juga merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, seperti ini adalah cara mengatur uang yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat:

1. Buat Anggaran Keuangan

Langkah pertama dan utama yang paling penting dalam mengatur keuangan yang baik yaitu dengan membuat anggaran. Anggaran ditetapkan sebagai acuan untuk memperhitungkan financial Anda seperti pemasukan, kebutuhan dan total pengeluaran. Anda bisa membuat anggaran untuk bayar sewa rumah, listrik, ongkos, makan sehari-hari dan lainnya.

2. Belanja Bulanan

Setelah membuat anggaran Anda akan mengetahui jumlah pengeluaran, Anda bisa melakukan belanja bulanan. Belanja untuk satu bulan ini dinilai lebih hemat karena Anda bisa belanja sekaligus dan mendapatkan promo dan diskon. Belanjakan uang sesuai dengan yang sudah direncanakan sesuai dengan prioritas.

3. Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Cara mengatur uang selanjutnya yaitu dengan membedakan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan yaitu barang atau layanan yang memang dibutuhkan dan harus dipenuhi seperti biaya konsumsi serta pendidikan. Sedangkan keinginan biasanya bersifat untuk kesenangan semata. Anda harus prioritaskan kebutuhan lebih dulu dibanding keinginan.

4. Miliki Catatan Keuangan

Langkah selanjutnya Anda juga harus memiliki catatan keuangan. Catatan keuangan berfungsi untuk mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda.

5. Investasi

Jika Anda memiliki uang lebih dari pendapatan Anda, Anda bisa menabung atau investasi untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Pasalnya saat ini ada banyak jenis investasi mudah dan terpercaya yang bisa Anda coba, seperti deposito, Reksadana, investasi emas dan lainnya.

Itulah beberapa cara mengatur uang yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan siapa saja yang mengaplikasikannya.

Tinggalkan komentar