5 Tips Menjaga Kondisi Kesehatan bagi Penderita Asam Lambung

5 Tips Menjaga Kondisi Kesehatan bagi Penderita Asam Lambung agar tetap bisa beraktivitas dengan baik. Bagi para penderita asam lambung itu disebabkan karena asam lambung yang tidak seimbang sehingga menimbulkan gejala gangguan pencernaan seperti nyeri pada ulu hati sakit, perut kembung, mual, sakit perut dan keluhan lainnya. Setiap orang memang memiliki asam lambung namun harus tetap terjaga agar seimbang. Apabila anda menjaga kesehatan lambung, maka proses pencernaan berjalan lancar dan tubuh bisa menyerap zat gizi dari makanan dengan optimal.

Tips Menjaga Kondisi Kesehatan bagi Penderita Asam Lambung

Jika Anda penderita asam lambung, maka Anda harus lebih memperhatikan kesehatan lambung agar tidak kambuh. Berikut ini merupakan 5 tips menjaga kondisi kesehatan bagi penderita asam lambung, yaitu

cara penderita asam lambung untuk menjaga kesehatan

1. Jam Makan Teratur

Tak sedikit orang yang jam makannya tidak teratur atau berantakan, lantaran tugas pekerjaan yang begitu banyak. Padahal salah satu pemicu tingginya asam lambung yaitu jam makan yang tidak teratur.

Untuk menjaga kesehatan penderita asam lambung, diperlukan jam makan yang teratur mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Makanlah di waktu makan yang sudah Anda buat.

2. Makan Makanan Alami

Tips menjaga kesehatan asam lambung selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat termasuk makanan alami atau dari hasil pemrosesan. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi makanan alami kaya zat gizi bisa melindungi lambung dan melancarkan pencernaan. Tentunya makanan alami juga membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal, dibandingkan makanan junk food.

3. Makan Dengan Porsi Secukupnya

Bagi para penderita asam lambung sebaiknya makan dengan porsi sedikit atau secukupnya, dan hindari dalam porsi besar sekaligus karena itu akan membuat otot lambung meregang. Jika makan dalam porsi banyak sekaligus maka bisa memicu keluhan sakit perut, perut begah dan heartburn.

4. Mengelola Stres

Stres bisa memicu penyakit GERD karena kondisi ini dapat menurunkan hormon prostaglandin yang fungsinya melapisi dinding lambung. Oleh sebab itu, Anda harus mengelola stres dengan baik, kalau perlu melakukan terapi.

5. Minum Air Putih

Air putih memang terlihat simpel, namun ini untuk melindungi asam lambung agar tetap seimbang. Konsumsi air putih sesuai dengan dosis yang dianjurkan sangat baik untuk kesehatan karena akan terus membuat asam lambung dalam kondisi baik=baik saja.

***

Itulah 5 tips menjaga kondisi kesehatan bagi penderita asam lambung. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar