5 Kiat Jitu Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda

5 Kiat Jitu Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda – Bagi pasangan muda, penyesuaian diri menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Seperti dalam hal mengatur keuangan rumah tangga. Tak jarang perbedaan pendapat dan pola pikir, menjadi batu sandungan tersendiri dalam mewujudkan kondisi keuangan keluarga yang sehat. Alhasil jika perbedaan tersebut tidak disikapi dengan baik, akan membuat ekonomi keluarga semakin terpuruk.

3 Permasalahan Keuangan Dalam Keluarga

Ada tiga permasalahan keuangan dalam keluarga yang umum terjadi, dan bisa saja dialami oleh pasangan yang baru menikah.

Perbedaan Gaya Hidup

Perbedaan gaya hidup bisa menjadi kendala tersendiri dalam mengatur keuangan. Misalnya saat istri memiliki gaya hidup mewah, sedangkan suami sangat memperhitungkan keluar masuknya uang. Atau suami yang sangat memprioritaskan kebutuhan hobinya, tapi istri lebih mendahulukan pemenuhan kebutuhan pokok.

Saat Suami Tidak Bekerja

Sebagai pencari nafkah utama, maka seharusnya suami yang bertanggung jawab dalam mencari penghasilan. Maka saat suami tidak memiliki pekerjaan tetap, atau bisnis yang bisa mendatangkan pemasukan, maka hal ini akan menjadi permasalahan cukup rumit dalam mengatur keuangan keluarga.

Saat Penghasilan Istri Mendominasi

Bagaimana halnya jika pendapatan isteri lebih besar daripada suami? Jika kondisinya demikian, maka sudah tentu menjadi persoalan yang dapat mengganggu keharmonisan keluarga, terlebih jika tidak mencari solusi terbaik dalam menyikapi perbedaan penghasilan ini.

5 Kiat Jitu Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda Yang Baru Menikah

Lantas bagaimana mengatasi permasalahan keuangan dalam keluarga, terutama bagi pasangan yang baru menikah? Setidaknya ada lima kiat jitu mengatur keuangan yang dapat dipraktekkan.

Tetapkan Tujuan Bersama

Menetapkan tujuan bersama menjadi hal pertama dan penting untuk dilakukan. Sebab ketika sudah melakukannya, maka akan lebih mudah dalam menyusun rencana mengatur keuangan demi menuju kebebasan finansial.

Pastikan Kebutuhan Prioritas

Lalu pastikan apa yang menjadi prioritas kebutuhan, seperti membeli rumah, kendaraan pribadi untuk mobilitas dan menabung sebagai simpanan dana pendidikan dan kesehatan.

Membuat Anggaran Bersama Dan Konsisten Mematuhinya

Selanjutnya mulai membuat catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara detail dan konsisten dalam mematuhinya. Jika terdapat pengeluaran yang mendesak, maka usahakan untuk memenuhinya dari penghasilan tambahan. Hindari gaya hidup boros dan bermewah-mewah agar tidak mengganggu arus keuangan.

Utamakan Menabung Dan Investasi

Sebagai pasangan baru menikah, wajib untuk memiliki tabungan dan investasi. Hal ini penting diwujudkan sebagai salah satu cara tetap memiliki masa depan cerah, tanpa kehabisan dana simpanan. Dimana investasi sendiri merupakan jalan terbaik untuk menyimpan uang, dan menggunakannya saat benar-benar dibutuhkan.

Hindari Berhutang

Sebagai pasangan baru, wajar saja jika mempunyai banyak keinginan untuk diwujudkan. Namun alangkah baiknya jika sebelum membeli, untuk terlebih dahulu memikirkan, antara keinginan atau kebutuhan. Jangan sampai memilih jalan berhutang demi mewujudkan keinginan tersebut.

***

Well, itulah lima kiat jitu mengatur keuangan bagi pasangan yang baru menikah. Hal ini penting dilakukan agar sejak awal membina keluarga, permasalahan keuangan dapat disikapi dengan baik, demi menuju perekonomian keluarga yang sehat.

Tinggalkan komentar